Yang Perlu Kita Ketahui Sebelum Masuk Dunia Pengembang Perangkat Lunak

Yang Perlu Kita Ketahui Sebelum Masuk Dunia Pengembang Perangkat Lunak

Belajar di kampus dengan jurusan Teknik Informatika atau jurusan sejenis selama kurang lebih sekitaran 4 tahunan lebih dan setalah itu wisuda kelulusan dan tidak lupa dengan tambahan sebuah nama dibelakangnya dengan gelar Sarjana Teknik atau Sarjana Komputer, Apa yang akan anda lakukan setelah itu ? mungkin akat ikut berbondong-bondong seperti teman anda yang lain untuk mencari perusahaan IT.

Saya mencoba sharing dengan teman-teman yang lebih dulu bekerja di perusahaan Start Up Teknologi Informasi tentang mempersiapkan segala macam hal yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk melamar ke berbagai macam perusahaan teknologi informasi, di artikel ini saya akan merangkum hasil diskusinya.

Perlu diketahui juga oleh saya, anda dan para mahasiswa yg lain, ketika mengembakan perangkat lunak di kampus yang selama ini kita lakukan baik itu untuk sebuah tugas mata kuliah atau final project dengan cara mengembangkan perangkat lunak untuk perusahaan yang memiliki tujuan pada profit itu jelas-jelas sangat berbeda.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para mahasiswa maupun para lulusan baru (Fresh Graduate) yang memutuskan untuk memasuki dunia professional.

VCS (Version Control System)

Di kampus kita sering diajarkan bagaimana menulis script program yang baik dari mulai struktur dan algoritma walaupun terkadang setiap tahunnya materinya sama saja, Akan tetapi materi tentang VCS tidak diajarkan, VCS biasa digunakan ketika kita ingin mengetahui bagaimana mengelola sebuat kode yang telah ditulis. Di dunia professional VCS merupakan hal yang wajib untuk mengelola script kode program. Karena programmer minimal harus mengerti tentang bagaimana dan apa itu clone, pull, commit, push, checkout branch, nerge branch dan juga resolved conflict. Sepertinya saya harus mencari beberapa sumber yang membahas itu, ada beberapa yang disebutkan tadi yang pernah saya pergunakan ketika menggunakan VCS Git, Git merupakan vcs yang paling banyak digunakan. Menurutku memang mempelajari Git adalah sebuah kewajiban hal ini karna efek nya sangat berguna sekali.

Kode program Warisan

Selama kuliah seringkali saya ketika akan memulai koding dari nol, segala sesuatunya pasti menggunakan File –> Project Baru. Akan tetapi seorang programmer juga harus siap dengan bekerja menggunakan project yang sudah dibuat oleh programmer lain dengan tugas yang sedikit berbeda seperti memperbaiki bug yang seringkali muncul atau penambahan fitur pada kode yang sudah dibuat programmer lain tersebut.

Debugging

Kemampuan lain yang perlu dipersiapkan juga yaitu penggunaan debugger untuk melakukan debugging yang sudah disediakan oleh IDE yang kita gunakan untuk mencari permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan error kode program terutama ketika kode tersebut hasil dari programmer yang lain atau kode warisan.

Harus terus fokus

Ini nih yang salah satu permasalahan bagi seorang pengoprek sejati, Dengan beragam perkembangan teknologi terbaru yang membuat pengoprek sejati akan penasaran ingin mencoba dan mempelajarinya.

 

Ketika mempelajari hal yang baru tentunya akan mendapatkan pengetahuan yang baru dan hal itu tidaklah salah akan tetapi ketika mempelajari programing ataupun berbagai tools IDE disarankan untuk dibatasi maksimal dua bahasa programming dan IDE nya, Agar kita tidak hanya tau permukaannya saja.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.